MARAKNYA COTO MAKASSAR DI SETIAP KOTA! - Fitness CFM - Info Seputar Kuliner Dan Makanan

Breaking

Friday 8 March 2019

MARAKNYA COTO MAKASSAR DI SETIAP KOTA!

MENIKMATI COTO MAKASSAR



Fitness CFM - Versi lain dari soto, yang banyak jenis sup, tetapi di Makassar mereka menyebutnya coto (diucapkan choto), adalah sup daging sapi gelap atau sup yang berasal dari kota pecinta kuliner Makassar di Sulawesi Selatan.

Untuk coto Makassar, daging sapi serta semua organ sapi, adalah bahan dominan. Mangkuk coto Makassar yang saya miliki di Jakarta rasanya sangat daging, dan termasuk usus, babat, paru-paru (saya pikir), dan beberapa kubus daging, semuanya dalam sup kacang tanah yang dipanggang. Rasanya pedas dan asam. Yang saya sukai dari semangkuk coto Makassar saya adalah bahwa ia datang sepenuhnya tanpa garam, jadi saya menambahkan garam sendiri, ditambah perasan jeruk nipis, dan beberapa sambal yang luar biasa. Selain itu, lazim untuk makan coto Makassar bersama dengan kue beras ketupat.

Berdirinya Coto Makassar


Menjadi kebanggaan serta keceriaan masyarakat ditempat, tidaklah heran jika ada sangat banyak restoran yang berspesialisasi dalam coto Makassar (sup daging sapi Makassar) di kota Makassar. Tiap-tiap toko mempunyai pengikut setia, termasuk juga Coto Ranggong. Kombinasi ini ialah favorite bekas presiden Susilo Bambang Yudhoyono setiap saat ia hadir kesini.

Coto Ranggong sudah ada lumayan lama saat ini. Dibangun pada tahun 1965, tidaklah terlalu luas serta cuma bisa menyimpan seputar 20 konsumen setia. Ada pertanda aus pada bangunan yang membuat tampak cukup bobrok dalam cara-cara. Mungkin itu sebab tempat dapur yang diletakkan dibagian depan restoran.


Saya datang di Coto Ranggong seputar jam 9 pagi, serta untungnya, itu tidak dikemas saat itu. Seseorang rekan saya yang disebut masyarakat lokal memberitahu saya awal mulanya jika tempat itu condong ramai waktu sarapan. Fiuh. Saya bebas pilih dimana saya ingin duduk, walau pilihan yang ada hanya terbatas. Saya pesan coto dengan kombinasi daging sapi serta paru-paru sapi, walau ada alternatif lain yang di tawarkan, seperti hati sapi serta babat sapi.

Masih Cara Tradisional


Waktu makanan saya tengah disiapkan, saya menanti waktu dengan lihat dapurnya. Toko masih tetap memakai oven tradisionil yang dikeluarkan kayu yang mengakibatkan dinding serta langit-langit tempat jadi berwarna gelap sebab asap yang keluar dari itu. Begitu menarik untuk lihat makanan yang dibikin dengan tradisionil dalam dunia dimana hampir tiap-tiap segi kehidupan kita, termasuk juga memasak, menyertakan tehnologi mutakhir.

Selang beberapa saat, makanan saya telah siap. Diberikan dalam mangkok kecil, sup itu terlihat cukup familier mempunyai keserupaan yang mencolok dengan type coto Makassar yang sempat saya lihat awal mulanya. Tiada ragu-ragu, saya langsung masuk. Seruput supnya mengutarakan perasaan yang menyebabkan masa lalu indah waktu kecilku saat saya pertama-tama rasakan sajian ini. Daging sapi serta paru-paru sapi lembut di struktur, memberikan type kelezatan yang berlainan untuk tiap-tiap gigitan.

Tidak pedulikan ikatan sentimental yang saya alami darinya, coto Makassar toko ini mendatangkan perasaan yang kuat serta unik. Supnya yang dibuat dengan baik serta paru-paru sapi serta daging sapi menampilkan fakta penting kenapa tempat ini sudah sukses dilanjutkan serta sudah di cintai oleh beberapa orang saat beberapa dekade.

No comments:

Post a Comment